Sabtu, 14 Oktober 2017

Gigi Depan Berlubang dan Menghitam


Setiap orang pasti ingin mempunyai senyum yang indah dengan deretan gigi yang putih bersih. Hal ini merupakan aset yang cukup berharga. Namun apa jadinya bila gigi depan anda rusak, berlubang, patah, atau jarang?

Lubang kehitaman yang menganga atau hanya berbayang kehitaman di bagian gigi depan tentu saja kurang sedap dipandang mata, begitu juga gigi depan yang patah atau jarang. Gigi tersebut tidak serta merta harus segera dicabut. Bila masih memungkinkan, sebaiknya dilakukan penambalan gigi.


Gigi Depan Berlubang dan Menghitam

Lubang Pada Gigi Depan


Proses penambalan gigi adalah proses menutupi lubang pada gigi kita dengan bahan tertentu agar tidak ada makanan yang masuk ke dalam gigi tersebut yang nantinya dapat menyebabkan gigi kita sakit. Penambalan gigi depan sama prosesnya dengan proses penambalan gigi belakang, namun dalam proses penambalan gigi depan, aspek estika harus lebih diperhatikan. Jangan Remehkan Kesehatan Gusi

Alternatif perawatan untuk memperbaiki gigi depan bervariasi, bergantung pada kondisi jaringan mahkota gigi yang masih bersisa. Prinsipnya, perawatan harus dilakukan seminimal mungkin (minimally invasive), artinya, harus seminimal mungkin mengambil jaringan gigi yang masih sehat.

Kerusakan gigi yang termasuk ringan atau sedang dengan pulpa gigi yang masih vital, masih dapat diperbaiki dengan bahan tambal sewarna gigi yaitu resin komposit. Perkembangan bahan tambal gigi sangat baik, hingga menghasilkan tambalan yang sulit dibedakan dengan gigi asli.

Resin komposit memiliki pilihan warna yang berbeda-beda hingga dapat disesuaikan dengan bentuk dan warna gigi pasien agar tampak menyerupai gigi asli. Perawatan ini membutuhkan penyinaran untuk mengeraskan bahan tersebut. Tidak perlu berputus asa bila mendapati gigi depan anda terlanjur rusak. Segeralah mencari pertolongan profesional atau dokter gigi..

Pada kasus celah antar gigi depan, pasien perlu mendapatkan perawatan orthodontik terlebih dahulu untuk mendekatkan semua celah gigi menjadi bentuk lengkung gigi yang normal serta rapi. Dalam beberapa kasus, ada perawatan orthodontik ditambah dengan bedah ringan pada otot frenulum yang membuat gigi depan menjadi renggang.

Apabila jaringan mahkota gigi rusak berat dan mahkota gigi yang rusak tersebut hanya tersisa sedikit, maka dapat dibuatkan mahkota gigi yang berbentuk crown. Artinya, gigi asli dibentuk sedemikian rupa kemudian dibungkus dengan suatu bahan porselen yang warna dan bentuknya menyerupai gigi asli pasien.

Untuk kasus gigi rusak yang hanya menyisakan akar gigi dan sedikit sekali mahkota gigi, gigi tersebut masih dapat dipertahankan dengan terlebih dahulu dilakukan perawatan saluran akar lalu dalam saluran akar tersebut ditambahkan sebuah pasak dari logam, kemudian dipasang mahkota giginya. Gigi rusak yang hanya menyisakan bagian akar dan sudah tidak dapat dipertahankan lagi, maka sebaiknya dicabut dan dibuatkan gigi palsu pengganti.


Lubang Pada Gigi Depan - Lentera Sehat

0 komentar

Posting Komentar