Kamis, 12 Oktober 2017

Manfaat Daun Sirih Untuk Pengobatan


Bagi masyarakat Indonesia, tanaman sirih sudah tidak asing lagi. Pohon Sirih (Piper betle) yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain merupakan tanaman asli Indonesia. Selain sebagai budaya di beberapa wilayah Indonesia dimana daun sirih biasa dikunyah bersama gambir, pinang, tembakau dan kapur, ternyata daun sirih memiliki manfaat bagi kesehatan terutama sebagai obat tradisional.

Manfaat Daun Sirih Untuk Pengobatan

Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan


Dalam selembar daun sirih terkandung eugenol yang memiliki sifat antifungal. Dengan sifat antifungal ini, daun sirih dapat digunakan untuk menghambat tumbuh dan berkembangnya yeast (sel tunas) dari candida albicans.

Daun sirih juga mengandung zat antiseptik yang berperan dalam membunuh bakteri. Sifat antiseptik yang dimiliki daun sirih disebabkan dari turunan fenol yaitu kavikol, dimana sifat antiseptiknya lima kali lebih efektif bila dibandingkan fenol biasa.

Selain dari dua sifat di atas, Daun sirih juga memiliki efek antibakteri terhadap streptococcus mutans, streptococcus viridans, streptococcus sanguis, staphylococcus aureus, dan, actinomyces viscosus.

Daun Sirih sebagai obat herbal


Dengan segala kandungan itu, inilah beberapa manfaat daun sirih serta bagaimana cara meramu dan menggunakannya sebagai obat herbal yang alami.

1. Mengobati pendarahan pada hidung/mimisan

Ambil 1 lembar daun sirih agak muda dilumatkan , gulung sambil ditekan sehingga keluar minyaknya. Gunakan untuk menyumbat hidung.

2. Sebagai obat batuk

Rebus 15 lembar daun sirih dengan tiga gelas air sampai tersisa segelas air. Minum air rebusan tersebut dengan menambahkan satu sendok madu. Lakukan hingga batuk hilang.

3. Sebagai obat bronchitis

Ambil daun sirih sebanyak 7 lembar, gula batu satu potong direbus dengan 2 gelas air sampai tersisa satu gelas. Minum 1/3 gelas dengan aturan tiga kali sehari.

4. Obat luka bakar

Peras daun sirih secukupnya, tambahkan madu sedikit, lalu bubuhkan pada bagian kulit tubuh yang luka akibat terbakar.

5. Menghilangkan bau badan

Rebus 5 lembar daun sirih dengan 2 gelas air sampai menjadi 1 gelas, minum secara rutin tiap hari.

6. Mengobati bisul

Cuci daun sirih secukupnya, giling hingga halus, lalu bubuhkan pada bisul dan sekelilingnya. Kemudian dibalut. Lakukan dua kali sehari.

7. Menghilangkan aroma kurang sedap pada mulut

Ambil 4 lembar daun sirih, diseduh air panas, tunggu sekitar 1 jam. Gunakan sebagai obat kumur.

8. Mengobati sariawan

Ambil 2 lembar daun sirih segar dicuci, lalu kunyah sampai lumat oleh mulut Anda. Buang ampasnya.

9. Mengobati keputihan

Rebus 10 lembar daun sirih menggunakan 2,5 ltr air, angkat, lalu pada kondisi air hangat gunakan untuk mencuci bagian kemaluan.

10. Obat jerawat

Tumbuk 10 lembar daun sirih hingga halus, Seduh dengan dua gls air panas. Setelah dingin, gunakan air seduhan tersebut untuk mencuci muka. Lakukan sehari 2 sampai 3 kali.

11. Mengobati diare

Ambil 6 lembar daun sirih, 6 biji lada, 1 sdm minyak kelapa. Tumbuk semua bahan sampai halus, gunakan sebagai obat gosok pada bagian perut.

12. Mengurangi air ASI berlebih

Ambil daun sirih secukupnya, lalu olesi dengan minyak kelapa, panaskan di atas api sampai layu, hangat-hangat tempelkan di seputar payudara yang bengkak.

13. Mengatasi mata merah dan gatal

Rebus 6 lembar daun sirih menggunakan 1 gelas air hingga mendidih. Setelah air rebusan dingin, gunakan untuk mencuci mata. Lakukan tiga kali sehari sampai mata Anda sembuh.


Daun Sirih Untuk Pengobatan - Lentera Sehat

0 komentar

Posting Komentar