Minggu, 08 Oktober 2017

7 Cara Mengatasi Kelelahan Pada Mata


Terkadang tanpa disadari, kita memandang sesuatu, secara otomatis otak juga akan bekerja merekam apa yang kita lihat. Semakin lama memandang, mata dan otak akan semakin kerja keras sehingga mata akan menjadi lelah. Apalagi jika ada cahaya yang dibutuhkan oleh mata dalam menjalankan fungsinya berlebihan, semakin membuat mata menjadi astenopia (mudah lelah).

Bagaimana mengatasi kelelahan pada mata yang tak jarang terjadi beberapa kali dalam sehari? Terlebih bagi orang yang sering berhadapan dengan komputer. Lantas, apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi mata lelah itu sendiri?

Cara Mengatasi Mata Lelah

Cara Mengatasi Kelelahan Pada Mata 


Berikut ada beberapa cara untuk mengatasi mata lelah serta agar kondisi mata tetap prima:

1. Mengedipkan mata 

Secara alamiah mata akan berkedip yang berfungsi untuk meratakan air mata ke seluruh permukaan bola mata terutama korneaagar tidak terjadi iritasi. Ketika mata mulai mengalami kelelahan, cobalah untuk mengedip mata lebih sering dari biasanya. Kedipan pada orang dewasa umumnya antara 10-15 kali per menit. Mengedipkan mata juga dapat mengurangi ketegangan pada otot mata.

2. Mengalihkan pandangan 

Menatap satu objek tertentu dengan cuku lama akan memicu mata dan otak untuk bekerja lebih keras yang akhirnya mata menjadi lelah. Cobalah mengalihkan pandangan sejenak dengan melihat beberapa objek berbeda. Bagi orang yang sehari-hari bekerja di depan monitor komputer, sebaiknya tiap 2 jam sekali alihkan pandangan pada sesuatu yang berwarna teduh.

3. Pejamkan mata dan tutup dengan telapak tangan 

Jika mata benar-benar merasa sangat lelah cobalah pejamkan mata dan tutup dengan kedua telapak tangan. Hangatnya telapak tangan akan meredakan ketegangan otot sekitar mata secara alami. Hindari mengucek-ngucek mata. Selain tidak akan membantu memulihkan kondisi mata lelah juga akan mengganggu kesehatan mata.

4. Kompres dengan air dingin 

Cara lain untuk mengatasi mata lelah adalah dengan selembar kain basah yang dingin. Kain basah tersebut untuk mengkompres mata kurang lebih 5-10 menit. Cara ini dapat mengurangurangi kelelahan mata sekaligus dapat mengurangi rasa gatal dan meredakan pusing akibat mata lelah.

5. Kompres dengan teh 

Terkadang akibat kelelahan, mata dapat pula menjadi bengkak dan kemerahan. Untuk mengurangi akibat dari mata lelah tersebut, dapat dilakukan dengan cara mengompres mata menggunakan kantong teh yang telah diseduh dan didinginkan terlebih dahulu. Kandungan daun teh yang telah diseduh mampu mengempiskan bengkak dan kemerahan pada mata serta membuat mata lebih rileks

6. Rawat mata dengan irisan timun 

Untuk menjaga agar mata tidak mudah lelah, merawat mata adalah solusi yang tepat. Malam hari sebelum tidur, gunakan irisan timun untuk mengkompres mata. Selain menjaga agar mata tidak mudah lelah, cara seperti ini juga baik untuk merangsang rasa kantuk lebih cepat sehingga tidur pun menjadi lebih pulas yang artinya mata dapat beristirahat dengan baik.

7. Konsumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung Vitamin A

Vitamin A sangat dibutuhkan untuk kesehatan mata, untuk itu perbanyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran berwarna cerah seperti oranye dan merah yang sebagian besar mengandung vitamin A dengan kadar yang sangat tinggi. Wortel, buah bit, bayam merah, ubi ungu merupakan beberapa contoh pelengkap makanan sehari-hari.


Cara mengatasi mata lelah - Lentera Sehat

0 komentar

Posting Komentar