Selasa, 10 Oktober 2017

Penyebab Telinga Berdengung


Sebelum mengetahui penyebab telinga mendengung, terlebih dahulu mengenal secara singkat tentang telinga. Telinga terdiri dari 3 bagian yaitu telinga luar, telinga tengah dan telinga dalam.

Penyebab Telinga Berdengung


Telinga bagian luar (daun telinga) berfungsi sebagai corong untuk mengarahkan suara masuk ke saluran telinga.

Telinga tengah adalah ruangan yang memanjang dari selaput gendang ke bagian luar telinga bagian dalam. Selain itu terdapat saluran udara mastoid dan lobang tabung pendengaran yang menghubungkan ke bagian belakang hidung dan bagian atas anak tekak. Melalui tabung ini udara masuk ke dalam dan keluar menjaga tekanan tetap sama di permukaan luar dan permukaan dalam selaput gendang

Telinga bagian dalam terdapat rumah siput dan pipa setengah lingkaran (labyrinth) yang berfungsi mengelola gelombang suara yang masuk menjadi impuls syaraf dan dibawa oleh sjaraf pendengaran ke otak untuk ditafsirkan. Di telinga bagian dalam terdapat 2 otot yang berfungsi untuk mengurangi getaran yang ditimbulkan oleh suara yang kuat.

Bila suara yang keras memasuki saluran telinga, terutama bila suara keras tersebut dapat di antisipasi, maka otot secara reflek menegang untuk mengurangi getaran yang masuk ke telinga dalam. Suara keras yang tidak diharapkan dalam jarak dekat bisa merobek selaput gendang telinga.

Telinga Berdengung


Telinga berdengung bisa dihubungkan dengan kondisi presbikusis (penyakit degeratif/ penuaan), terpapar suara bising terus menerus, penyakit Meniere, kekurangan darah, penyakit tiroid, trauma kepala, efek samping obat, tumor, dan bisa juga tanpa penyebab

Sehingga perlu dilakukan evaluasi oleh dokter atau dokter spesialis untuk keadaan yang dialami seseorang agar dapat dicarikan penyebab dan penanganannya. Gangguan yang berlanjut dapat menyebabkan kemampuan untuk mendengar berkurang, kemampuan konsentrasi menurun, kesulitan tidur, bahkan dapat menimbulkan depresi atau kegelisahan.

Perlindungan yang perlu dilakukan untuk telinga:
  1. Benda yang runcing dan tajam tidak boleh dimasukkan ke dalam saluran telinga.
  2. Jangan menampar seseorang di telinga bagian luar.
  3. Jangan terjun menyelam ke dalam air dengan samping kepala menghadap ke bawah. 
  4. Paparan suara yang kuat ke telinga dan terus-menerus (suara mesin, orkes metal, dan lain-lain) akan merusak mekanisme pendengaran dan mengurangi kemampuan mendengar, untuk itu perlu digunakan penutup telinga.

Penyebab Telinga Berdengung - Lentera Sehat

0 komentar

Posting Komentar