Senin, 02 Oktober 2017

Periode Pertumbuhan Gigi Anak dan Cara Perawatannya


Saat anak mulai tumbuh gigi, proses pertumbuhan seorang anak mulai berlangsung. Orang tua terutama ibu, memiliki peran penting dalam hal ini. Menjaga kesehatan anak adalah suatu hal yang sangat penting. Salah satunya adalah menjaga kesehatan giginya.

Orang tua harus mengetahui cara merawat gigi anaknya. Mulai dari menjaga kebersihannya, menjaga dari makanan yang dapat merusak gigi, sampai dengan melihat perkembangan serta pertumbuhan gigi anak.Orang tua juga harus mengajari anaknya cara merawat gigi dengan baik, yaitu dengan memberi contoh cara menyikat gigi yang benar.

Periode Pertumbuhan Gigi Anak dan Cara Perawatannya

Periode Pertumbuhan Gigi Anak


Berikut adalah periode pertumbuhan gigi anak dan cara pemeliharaannya

1. Usia 0 sampai 3 tahun adalah masa pertumbuhan gigi susu.

Gigi pertama tumbuh anatara usia 5 sampai 8 bulan. Terus tumbuh sampai anak berusia 3 tahun. Jumlah gigi lengkap 20 gigi.

Cara perawatannya:
  • Pembersihan mulut dilakukan dari sebelum gigi pertama tumbuh 
  • Gunakan kasa atau handuk lembut yang dibasahi air matang, lalu usapkan pelan pada gusi dan gigi yang sudah tumbuh. Bisa juga dengan sikat gigi husus untuk bayi. Lakukan pada pagi dan malam hari sebelum tidur 
  • Hindari pemberian jus atau susu menjelang tidur, hal tersebut dapat mencegah terbentuknya lubang gigi

2. Usia 3 tahun sampai 6 tahun, gigi susu sudah lengkap

Pada periode inilah gigi anak mudah mengalami kerusakan. Anak sudah mengenal makanan manis dan jenis makanan lain yang menjadi penyebab rusaknya gigi. Sedangkan email gigi anak masih rentan terhadap kerusakan gigi.

Masalah yang terjadi pada gigi susu dapat berlanjut pada gigi dewasa yang akan tumbuh. Karena gigi merupakan pedoman tumbuhnya gigi tetap. Gigi susu juga berpengaruh dalam perkembangan rahang dan wajah.

Cara perawatannya:
  • Pada umumnya anak sudah dapat memegang sikat gigi sendiri, tapi pengawasan orang tua masih sangat diperlukan. 
  • Membiasakan sikat gigi pada pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur.
  • Memilihkan sikat gigi yang sesuai dengan mulut anak yang kecil, yaitu sikat gigi dengan kepala sikat gigi kecil berbulu halus. Menggunakan pasta gigi untuk anak yang ber-fluoride. 
  • Mengatur jadwal makan, yaitu 3 kali makan utama dan 2 kali cemilan di antara ketiga makan utama tersebut. Dengan jadwal ini, anak tidak makan lagi setelah sikat gigi malam dan tidur dalam kondisi gigi bersih.

3. Usia 6 tahun sampai 12 tahun.

Pada umumnya anak diusia 6-12 tahun sudah dapat menyikat gigi dengan baik dan benar. Namun mereka tetap memerlukan bantuan orang tua untuk mengingatkan tetap menjaga kebersihan gigi dan mulutnya

Cara perawatannya:
  • Memilihkan sikat gigi sesuai dengan perkembangan mulut anak dan memakai pasta gigi ber-fluoride.

Vitamin dan Mineral Untuk Proses Pertumbuhan Gigi Anak


Masalah lain yang tak kalah penting adalah menjaga asupan gizi mulai dari masa kandungan. Salah satu contoh yaitu bila asupan fosfor kurang, maka lapisan email gigi akan memiliki pori-pori yang besar. Hal ini akan menimbulkan masalah kesehatan gigi dan mulut yaitu mudah rapuh dan berlubang serta munculnya masalah di mulut.

Berikut ini vitamin dan mineral yang dibutuhkan dalam proses pertumbuhan gigi anak sejak ibu masih hamil dan mengandung buah hati.
  • Vitamin A : susu, keju, hati, kuning telur, tomat, wortel 
  • Vitamin C : mangga, jeruk, jambu biji, pisang
  • Vitamin D : ikan salmon, susu 
  • Fosfor : daging ayam, ikan, telur, biji-bijian, kacang- kacangan, gandum 
  • Kalsium : mentega, susu, ikan teri 
Hal terakhir adalah membiasakan anak untuk rutin kontrol ke dokter gigi, minimal setiap 6 bulan sekali. Bisa dimulai saat gigi pertama kali tumbuh.

Glosarium
  • Email Gigi (Enamel) = Lapisan mahkota gigi yang terbentuk dari zat yang sangat keras, berfungsi untuk melindungi gigi.
  • Fluoride = senyawa kimia yang digunakan sebagai salah satu bahan untuk membuat pasta gigi. 


Pertumbuhan Gigi Anak dan Cara Perawatannya - Lentera Sehat

0 komentar

Posting Komentar