Alasan Air Sari Tebu Aman Untuk Penderita Diabetes

Mendengar nama tanaman tebu rasanya yang teringat hanya rasa manis air atau sari dari tebunya. Padahal air sari tebu yang manis itu memiliki manfaat atau khasiat, bagi penderita penyakit diabetes atau pun penyakit kolesterol tinggi.

Tebu Aman Untuk Penderita Diabetes

Ternyata air tebu bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah, padahal air tebu manis karena banyak mengandung gula?

Apalagi beberapa penderita penyakit lain (seperti diabetes) harus banyak mengurangi asupan gula dalam makanannya.

Sari Tebu Aman Untuk Penderita Diabetes

Berikut alasan air tebu Aman Untuk Penderita Diabetes.

Kandungan air tebu itu berbeda dengan gula pasir, walaupun gula pasir berasal dari tebu.

Pada pasien diabetes yang mengkonsumsi air sari tebu dengan, pemberian policasanol 10 mg per hari menunjukkan penurunan total kolesterol 17,5% dan DDLkolesterol 21,8% namun tidak terjadi peningkatan pada kadar glukosa atau glikemik darah. Malah kadar HDL – Kolesterol meningkat 11,3%.

Menurut dr CJ Soegiharjo Apt. dari fakultas Farmasi Universitas Gajah Mada Yogyakarta, air perasan tebu memiliki efek anti diabetic.

“Bila diminum air tebutum mampu mengatasi diabetes”, papar Soegiharjo.

Air tebu mengandung sakaran, senyawa anti diabetik. Sayangnya dalam pengolahan menjadi gula pasir, senyawa itu hilang saat proses pemanasan. Yang bertahan justru sakarosa, senyawa pencetus diabetes. Inilah yang membedakan air tebu dengan gula pasir.

Tebu mengandung senyawa octacosanol sejenis alcohol rantai panjang yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalm darah. Octacosanol juga menghambat penumpukan plak pada dinding pembuluh, bahkan ia perlindungan terhadap oksidasi protein darah.

Menurut hasil riset National Center for Scientific Research Havana Kuba. Octacosanol menekan sintesa kolesterol yang diproduksi di dalam hati. Hal ini terlihat dari adanya pengaturan enzim reductase HMGCoA—Enzim yang membatasi laju sintesa kolesterol.

Pengamatan jangka panjang terhadap konsumsi octacosanol membuktikan senyawa itu dapat menurunkan dan mengontrol kadar kolesterol darah tanpa efek samping.

 

Alasan Air Sari Tebu Aman Untuk Penderita Diabetes – Lentera Sehat

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *