Anak Menelan Anti Nyamuk Semprot

Seorang ibu panik melihat anaknya yang berusia 5 tahun secara tidak sengaja menyemprotkan anti nyamuk ke mulutnya. Sudah diberi minum, sudah dimandikan dan dibersihkan badannya namun anak tersebut masih menangis. Kemungkinan ia kesakitan dan menggosok-gosok bagian mulutnya. Meskipun tidak muntah dan tidak diare, apa yang harus dilakukan?

Bahaya Keracunan Anti nyamuk pada Anak

Kandungan Obat Anti Nyamuk

Dari penggalian informasi diketahui bahwa kandungan anti nyamuk yang dimaksud adalah transflutrin. Zat aktif ini merupakan derivat piretroid sintetik yang digunakan sebagai insektida untuk membasmi nyamuk, biasanya sediaan yang beredar dalam bentuk cair yang disemprotkan maupun dalam bentuk elektrik dan bakar.

Selain itu, ada beberapa produk tertentu yang menggunakan zat aktif ini untuk membunuh serangga (seperti: tawon dan lebah). Derivat piretroid 2250 kali lebih beracun untuk serangga karena ukuran tubuh serangga yang lebih kecil dan mempunyai suhu tubuh yang lebih rendah dibandingkan dengan mamalia.

Keracunan transflutrin pada manusia dapat menimbulkan gangguan pada sistem saraf pusat dengan gejala seperti sakit kepala, rasa kantuk dan kejang. Kerja dari transflutrin di dalam tubuh yaitu memperpanjang pembukaan saluran natrium dan juga menghambat jalan keluar ion natrium sehingga meningkatnya jumlah ion natrium yang masuk dan menumpuk di dalam sel tubuh yang menyebabkan terjadinya gangguan pada sistem saraf.

Jauhkan obat anti nyamuk dari jangkauan anak

Penanganan Anak Menelan Anti Nyamuk

Pada kasus ini, korban menyemprotkan obat anti nyamuk ke mulutnya, sehingga masuk ke dalam tubuh. Disarankan:

  • Berkumur-kumur untuk membuang zat yang sempat masuk ke dalam mulut dan pastikan tidak terdapat zat tersebut di dalam mulut lagi.
  • Jangan dirangsang muntah
  • Hindari penggunaan susu karena semua lemak dan minyak (termasuk susu) dapat meningkatkan absorpsi transflutrin.
  • Segera bawa korban ke rumah sakit dan pelayanan kesehatan terdekat jika gejala yang dialami korban bertambah parah atau gejala lain yang berkembang.
  • Simpanlah obat antin yamuk jauh dari jangkauan anak-anak untuk menghindari kejadian serupa.

 

Sumber: InfoPOM Vol. 17 No. 3

Anak Menelan Anti Nyamuk Semprot

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *