Apakah Penyebab Nyeri Punggung

Penyebab nyeri punggung minimalnya berasa dari lima hal, yaitu gangguan stabilitas tulang, sendi, regangan otot, tekanan syaraf, maupun gangguan organ dalam perut. Gangguan yang disebabkan oleh organ dalam perut biasanya disertai dengan keluhan-keluhan lain yang berhubungan dengan organ tersebut, misalnya saluran pencernaan disertai rasa kembung, mual, atau lainnya.

Nyeri Punggung

Pada gangguan saluran kencing, misalnya ada gangguan seperti anyang-anyangan, warna air kencing berubah dan lain-lain. Sedangkan gangguan dari tulang, sendi, otot, maupun syaraf berhubungan dengan gerakan/movement dan sensibilitas.

Kasus Nyeri Punggung

Sejak dua hari yang lalu punggung kanan seorang ibu sakit. Bila badan dimiringkan lebih terasa nyerinya. Sekarang untuk bangun saja mesti pelan-pelan karena sakit. Kira-kira ada apa ya? Apa ada masalah dengan ginjal ibu tersebut? Padahal buang air kecil biasa saja, tidak ada masalah.

Analisa Dr. Maya CLM dari Klinik WBC atas nyeri punggung Ibu tersebut.

Melihat tidak ada gangguan di bagian tubuh lain, hanya pada gerakan saja, maka besar kemungkinan asal nyeri punggung Ibu tersebut dari tulang, sendi, atau otot. Sedangkan untuk gangguan syaraf kecil kemungkinan karena tidak adanya gangguan sensibilitas. Pada syaraf, nyeri yang terjadi terasa lebih hebat dan kadang ada rasa lemah di bagian tertentu.

Nyeri punggung yang munculnya tidak mendadak dan hilang timbul, banyak disebabkan karena postur duduk, berdiri, dan jalan yang tidak benar. Selain itu, postur yang berubah karena kehamilan atau menggendong anak terlalu lama juga dapat menyebabkan nyeri punggung. Faktor lain yang juga memegang peranan adalah faktor stres. Nyeri punggung juga meningkat pada warga diatas usia 45 tahun yang disebabkan oleh faktor degeneratif.

Ada banyak penyebab gangguan punggung lainnya, seperti pada infeksi atau peradangan, kelainan bawaan, sampai dengan tumor.

Pada umumnya, nyeri punggung yang masih ringan dapat diatasi dengan melakukan beberapa latihan punggung yang sifatnya melemaskan dan menguatkan, seperti pada latihan yoga, Senam untuk Punggung. Latihan yang regular terutama untuk memperkuat otot punggung dapat mencegah kekambuhan nyeri punggung.

 

Penyebab Nyeri Punggung – Lentera Sehat

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *