Bila Perut Terasa Perih Dan Melilit

Seorang wanita berusia 30 tahun akhir-akhir ini sering sakit perut di bagian kiri bawah. Rasanya pedih, perih dan melilit-lilit. Jika perut ditekan, rasa sakitnya akan berkurang dan rasa sakitnya biasa saja. Bila terasa sakit buru-buru ia minum obat maag.

Akhirnya dia sering minum obat maag yang dalam sehari bisa minum 2 tablet, biasanya akan hilang kalau minum obat maag kemudian tidur. Apakah benar wanita tersebut menderita penyakit maag atau penyakit lain? Dan bagaimana cara mengatasinya.

Perut Terasa Perih

Perut Terasa Perih

Sakit perut yang dirasakan masih perlu dicari apakah ada hubungannya dengan makan, apakah timbulnya terus menerus, adakah berjalan ke lain tempat (ke pinggang, ke punggung, ke bahu, ke ulu hati, dan lain-lain). Sifat nyerinya apakah seperti diperas-peras ditusuk-tusuk atau terjadi nyeri pada waktu atau sebelum buang air besar dan atau buang air kecil.

Hal ini berhubungan dengan adanya beberapa organ dalam tubuh yang bisa menyebabkan sakit perut, yaitu :

  • Lambung yang bisa disebut sakit maag
  • Usus halus
  • Usus besar
  • Usus buntu
  • Kandung empedu dan salurannya
  • Pankreas
  • Organ dalam kandungan
  • Kelainan pada ginjal dan saluran kemih.

Menurut lokasi dan kualitas dari rasa nyeri perut dari berbagai organ tadi akan berbeda.

Bila di lambung. Timbulnya nyeri berhubungan dengan makanan dan berpusat digaris tengah ulu hati. Nyeri perut bisa ke arah perut sebelah kiri seperti pedih dan melilit-lilit. Biasanya disertai kembung, mual sampai muntah. Sebelumnya ada riwayat kebiasaan makan tidak teratur dan terlambat makan, ada riwayat mengkonsumsi makanan pedas-pedas, asam, mie dan kadang-kadang diikuti diare. Besar kemungkinan ada hubungan dengan pikiran (psikis) sehingga sulit tidur yang diikuti dengan peningkatan asam lambung.

Bila di usus halus. Timbulnya nyeri di sekitar usus bilikus (pusar), yang mungkin dapat menjalar ke punggung bagian tengah bila rangsangannya sampai berat.

Bila di usus besar/kolon. Rasa nyeri yang di sebabkan kelainan di usus besar terutama pada perut sebelah kiri, jarang ke tempat perut bagian bawah. Terdapat keluhan lain yaitu konstipasi (susah Buang Air Besar) dan merasa adanya nyeri di perut yang tidak berhubungan dengan makanan. Sifat nyerinya biasanya terusmenerus atau kolik (sakit seperti diperas-peras) dan dapat timbul saat defikasi (Buang Air Besar).

Bila di usus buntu. Sering disebut sebagai Appendicitis akan memberikan rasa nyeri yang dalam dan ditusuk-tusuk yang berpusat di perut kanan bawah yang menjalar ke punggung sampai ke bahu.

Bila di Pankreas. Rasa nyeri terdapat di ulu hati atau di perut kiri atas dan biasanya menjalar ke punggung bagian tengah dan bahu kiri. Sifat nyeri terasa sangat hebat dan dalam sehingga untuk menghindari rasa nyeri biasanya sampai membungkukkan badan dari rasa nyeri biasanya sampai membungkukkan badan.

Bila di organ dalam kandungan. Rasa nyeri di perut bawah bagian tengah disertai keputihan dan berhubungan dengan menstruasi. Kelainan pada ginjal dan saluran kemih.

Rasa nyeri di perut bawah bagian tengah disertai keluhan waktu Buang Air Kecil seperti sakit waktu buang air kecil atau anyang-anyangan

Dilihat dari keluhan wanita tersebut yang berlokalisasi di perut kiri bawah di-sertai perut terasa perih dan melilit-lilit seperti di tusuk-tusuk kemungkinan terjadi akibat peningkatan asam lambung. Sebagian besar penyakit lambung yang disebut sakit maag ini timbul beberapa saat atau beberapa jam setelah makan, atau timbul pada waktu lapar kemudian makan makanan pedas-pedas, asam atau makan mie.

Mie ini sangat cepat memberikan keluhan sakit perut jika ada riwayat terlambat makan atau tidak teratur makan. Pada saat tidak teratur makan atau terlambat makan, asam lambung sedang meningkat. Mie yang bersifat basa akan bertemu dengan asam dari lambung menyebabkan keluhan sakit perut seperti perih dan melilit-lilit di perut kiri atau di daerah ulu hati.

Untuk mengatasinya, diperlukan sikap hidup untuk mengatur pola makan secara baik dari sarapan pagi, makan siang dan makan malam. Mengurangi makanan pedas-pedas, asam, mi begitu juga minuman yang asam-asam. Istirahat yang cukup.

Sebaiknya untuk mengurangi mengkonsumsi obat maag ini harus segera kontrol ke dokter dimana akan lebih terarah cara minum obatnya untuk beberapa hari secara teratur selain diet yang baik menurut saran dokter anda. Jika ada kemungkinan untuk dilakukan Gastroskopi oleh dokter sebagai tindakan untuk melihat kelainan dinding lambung secara visual (mata), tetapi ini bila dengan obat-obatan belum ada perubahan.

 

Bila Perut Terasa Perih Dan Melilit

Recommended For You

About the Author: Lentera Sehat

Pemerhati kesehatan yang suka berbagi artikel kesehatan berdasarkan sumber referensi yang dapat dipercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *