Pentingnya Air Bagi Kesehatan Ginjal

Duduk seharian di depan meja, tanpa diimbangi minum, bisa memicu kerusakan ginjal. Pada stadium awal, kerusakan ginjal tak pernah dirasakan gejalanya. Biasanya gejala timbul saat memasuki stadium 4 dan 5, ketika mengalami ginjal kronis.

Para pekerja yang lebih sering menghabiskan waktunya di belakang meja, sudah seharusnya banyak mengkonsumsi air. Terkadang niat untuk menyelesaikan pekerjaan lebih cepat, tidak diimbangi dengan minum air.

Hal tersebut diperparah dengan kondisi ruangan dingin ber –AC, sehingga jarang merasa haus. Kebiasaan ini, tidak bisa dibiarkan begitu saja. Karena jika tidak diimbangi dengan olah raga, dan minum air yang cukup, lambat laun akan merusak ginjal.
Air Bagi Kesehatan Ginjal

Air Bagi Kesehatan Ginjal

Nutrisi yang baik merupakan dasar dari kesehatan ginjal terutama asupan air dan beberapa mineral yang terlarut seperti natrium, fosfor dan kalium. Air memiliki peranan penting dalam proses sistem saluran urin manusia, dimana air merupakan media transportasi zat-zat yang tidak diperlukan tubuh dan dibuang dalam bentuk urin (air kencing).

Dengan meminum air yang cukup berarti kita membantu menyelamatkan ginjal dari resiko penyakit ginjal. Dalam hal ini “minum air yang cukup” berarti meminum air dalam jumlah yang dibutuhkan agar proses pembuangan sampah urin dapat berlangsung dengan aman dan air yang memiliki dampak metabolisme yang paling rendah adalah air putih. Sementara mineral-mineral yang terlarut tersebut akan membantu ginjal untuk menjaga keseimbangan elektrolit dan cairan tubuh

Minum air putih yang cukup telah terbukti mampu mencegah penyakit lain seperti batu ginjal dan infeksi saluran kemih. Dengan minum setidaknya 2 liter sehari maka jumlah urin yang dikeluarkan akan bertambah sehingga mengurangi konsentrasi garam dan mineral dalam tubuh.

Selain itu jumlah air yang dikonsumsi harus lebih banyak saat cuaca panas atau banyak melakukan aktivitas fisik yang mengeluarkan banyak keringat. Minum air membawa efek pada kesehatan ginjal yaitu pencegahan batu ginjal dan infeksi saluran kemih, serta pencegahan penyakit Ginjal Kronik dan memperburuk fungsi ginjal.
Pentingnya Air Bagi Kesehatan Ginjal – Lentera Sehat

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *