Sumber Makanan Untuk Bantu Atasi Gangguan Haid

Pada artikel sebelumnya, telah dibahas sekilas tentang haid dan jenis-jenis gangguan haid. Kali ini Lentera Sehat mencoba memberikan informasi untuk membantu mengatasi gangguan haid dengan beberapa sumber makanan.

Sumber Makanan Untuk Bantu Atasi Gangguan Haid

Beberapa sumber makanan untuk membantu mengatasi gangguan haid

Buah-buahan dapat membantu mengurangi sakit akibat gangguan haid. Buah-buahan mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan. Beberapa buah yang dapat dikonsumsi saat terjadi gangguan haid.

1. Pisang

Pisang adalah buah yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, dan bagus untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Ternyata tidak hanya memiliki manfaat itu saja, buah pisang terbukti baik dikonsumsi wanita yang sedang mengalami masa menstruasi. Gunanya adalah untuk mencegah kram dan juga mencegah perut kembung.

2. Nanas

Buah khas negara tropis ini memiliki manfaat untuk menjaga sistem imunitas tubuh, menjaga kesehatan jantung, dan juga pencernaan. Tidak hanya itu saja buah nanas bisa menjadi pilihan disaat haid karena dapat mencegah sakit perut ketika haid dan juga dapat meningkatkan suasana rileks.

3. Kurma

Kurma memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan, baik makromineral maupun mikro mineral, sumber antioksidan, dan juga baik untuk pencernaan. Selain itu buah kurma juga baik untuk melancarkan haid dan menghindarkan dari gangguan menstruasi seperti Oligomenore.

4. Pepaya

Yang selanjutnya adalah pepaya, buah ini mengandung serat tinggi yang baik untuk pencernaan kita. Tidak hanya itu ternyata buah pepaya berkhasiat untuk melancarkan aliran darah ke rahim sehingga akan melancarkan menstruasi

5. Anggur

Buah berbentuk bulat kecil ini ternyata juga bermanfaat untuk menstruasi, selain menjaga kesehatan jantung. Buah anggur yang mengandung zat besi ini juga dapat mencegah anemia terutama bagi yang mengalami gangguan menorrhagia

Sudah banyak diketahui orang bahwa sayuran memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Jika gangguan haid datang, sebaiknya konsumsi sayuran.

1. Sayuran hijau

Bukan rahasia lagi jika sayuran berwarna hijau memiliki sejuta manfaat bagi tubuh manusia, ketika akan menstruasi sebaiknya memperbanyak konsumsi sayuran hijau karena kandungan di dalam sayuran hijau ini bisa mencegah terjadinya kram dan selain itu menjadi sumber zat besi dan vitamin untuk pembentukan sel darah merah pengganti darah yang keluar saat haid.

2. Daun Parsley

Mungkin selama ini yang Anda ketahui hanyalah daun parsley yang digunakan untuk hiasan di atas makanan saja. Namun ternyata daun parsley ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan, kandungan vitamin A, K, dan C di dalam daun ini bisa melancarkan darah ketika menstruasi jadi bisa ditambahkan dalam menu sehari-hari saat mengalami gangguan haid.

3. Lidah buaya

Lidah buaya yang kita kenal sebagai penumbuh rambut ternyata juga bermanfaat untuk menjaga sistem imunitas tubuh dan juga mengeluarkan racun dari tubuh kita. Selain itu lidah buaya juga bermanfaat bagi siklus menstruasi, kandungan di dalam lidah buaya akan membantu mengatur hormon hingga menstruasi menjadi lancar.

Minuman juga bisa membantu mengatasi gangguan saat datang bulan atau menstruasi.

1. Air putih

Ketika Anda mengalami menstruasi langkah tepat yang selanjutnya adalah minum air putih sebanyak mungkin. Air putih sudah terbukti baik untuk kesehatan kita, air putih bisa melancarkan keluarnya darah menstruasi, mencegah kram, dan juga bisa mencegah keluarnya jerawat ketika PMS. Banyak-banyaklah minum air putih.

2. Teh

Ketika menstruasi biasanya wanita merasa sedikit lemas dan malas untuk beraktifitas. Dan ketika menstruasi, salah satu minuman yang harus dijauhi adalah kopi. Karena kafein sendiri akan membuat kita menjadi dehidrasi dan tubuh akan menjadi semakin lemas. Oleh karena itu disarankan untuk mengganti dengan teh hangat. Ada beberapa macam teh yang sesuai untuk kondisi haid seperti teh peppermint digunakan untuk mengatasi sakit pada perut dan juga teh hijau yang menjauhkan dari kram.

3. Jahe

Selain bermanfaat untuk menghangatkan tubuh, jahe juga berfungsi untuk mengatasi nyeri menstruasi. Kandungan di dalam jahe sama seperti ibuprofen dan asam menefamat. Cukup minum wedang jahe setiap hari saat menstruasi maka gangguan haid akan hilang.

4. Kayu manis

Kayu manis dapat mengurangi rasa kram/kaku di perut. Campurkan bubuk kayu manis ke dalam segelas susu setiap pagi.

Selain yang di atas ada juga makanan yang dipercaya dapat mengurangi sakit pada waktu haid.

1. Cokelat 

Makanan manis satu ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan manusia. Selain dapat mencegah kanker, coklat juga bisa melancarkan siklus haid karena mengandung flavonoid yang bisa melancarkan peredaran darah dan juga mencegah terjadinya gumpalan trombosit. Selain itu untuk yang sedang PMS, coklat bisa mengubah mood karena mengandung serotonin yang memiliki zat antidepresan. Namun sebaiknya pilih coklat dengan kandungan yang tinggi seperti coklat hitam.

2. Ikan salmon

Ikan yang satu ini memiliki kandungan omega 3 dan juga vitamin D yang tinggi yang baik untuk pertumbuhan anak. Selain itu kandungan omega 3 di dalamnya juga baik untuk PMS, jadi disarankan supaya Anda mengkonsumsi daging ikan salmon ini seminggu sebelum menstruasi. Kandungan nutrisi di dalam ikan salmon bisa membantu meringankan nyeri dan kram ketika menstruasi.

 

Sumber: S. Anggapratiwi MKes WBC

 

Sumber makanan untuk membantu mengatasi gangguan haid

Recommended For You

About the Author: Lentera Sehat

Pemerhati kesehatan yang suka berbagi artikel kesehatan berdasarkan sumber referensi yang dapat dipercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *