Tips Sehat Untuk Orang Yang Memiliki Aktivitas Tinggi

Memiliki aktivitas yang tinggi namun memiliki gaya hidup yang tak sehat kerap berimplikasi pada kondisi tubuh yang tidak fit, bahkan mengundang berbagai penyakit. Untuk itu, bagi orang yang memiliki kesibukan sangat tinggi, sangat penting untuk mengkonsumsi asupan bergizi. Hal ini bertujuan agar badan tetap sehat dan fit sehingga mampu menyambut tantangan kerja yang semakin meningkat.

Orang Yang Memiliki Aktivitas Tinggi

Tips Sehat Bagi yang Beraktivitas Tinggi

Sesibuk apapun aktivitas yang dilakukan, disarankan untuk tetap makan teratur dengan memakan makanan yang mengandung 4 sehat 5 sempurna. Hal ini tidak dapat ditawar-tawar lagi. Kita harus mengerti betul apa tujuan makan. Pola 4 sehat 5 sempurna setidaknya harus tercapai dalam 1 hari.

Meskipun terlihat sepele namun sangat sulit untuk dipraktekkan. Padahal kondisi tidak fit itulah yang berpotensi mengundang penyakit. Semua penyakit asalnya dari makanan. Maka, menyantap makanan haruslah cukup. Tidak boleh kurang maupun lebih. Kelebihan lemak misalnya, bisa mengakibatkan kolesterol dan penyakit jantung.

Di pagi hari, mengkonsumsi roti dan susu sudah cukup untuk memenuhi unsur karbohidrat, protein,lemak, vitamin, dan mineral.

Saat makan siang, asupan makanan bergizi memang sulit dipenuhi karena kebiasaan mencari makanan seadanya di sekitar lingkungan kerja.

Usahakan untuk mencari makanan yang ada nasi, sayur, lauk, dan buah. Nasi mencukupi karbohidrat, sayur dan buah kaya akan vitamin dan mineral, sementara protein tak harus dipenuhi lewat daging. Bisa dengan tempe atau tahu yang mengandung protein nabati.

Di malam hari, ada baiknya mengkonsumsi makanan seperti saat makan siang. Sedangkan minum susu dapat dilakukan di sela-sela jam makan.

Masing-masing zat gizi punya fungsi masing-masing. Karbohidrat merupakan sumber tenaga yang utama, protein adalah zat pembangun dan pengganti sel yang rusak, vitamin dan mineral adalah zat pengatur. Bila salah satunya tidak terpenuhi bias berefek tubuh mudah lelah dan tidak fit.

Dia mengatakan, masyarakat Indonesia terbiasa menyantap makanan yang banyak mengandung karbohidrat. Padahal, asupannya harus seimbang. Sayur dan buah yang menjadi sumber serat bagus untuk dikonsumsi.

Selain menjaga rasa kenyang lebih lama karena proses pencernaannya lama, dua bahan makanan tersebut juga bisa mencegah kolesterol, diabetes, dan kanker usus. Ngemil di sela-sela jam makan pun diperbolehkan.Asal cemilannya tidak terlalu banyak gorengan yang merupakan sumber lemak tinggi.

 

Tips Sehat Untuk Orang Yang Memiliki Aktivitas Tinggi – Lentera Sehat

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *