Tips Mengatasi Obesitas (Kegemukan)

Hampir semua penderita kegemukan mengetahui cara menurunkan berat badan, yaitu dengan diet dan olah raga, namun sedikit yang berhasil. Umumnya mereka gagal atau hanya mengalami sedikit penurunan berat badan. Ada juga yang mengalami sindroma yoyo, yaitu berat badan turun dengan drastis, namun beberapa waktu kemudian naik dengan pesat.

Tips Mengatasi Obesitas

Apa yang salah? Kesalahannya terletak pada ketidaktahuan dan ketidakmampuan.  Seperti yang diketahui, obesitas atau kegemukan terjadi akibat ketidakseimbangan jumlah kalori dari asupan makanan dan minuman dibanding dengan pengeluaran energi tubuh melalui aktivitas tubuh.

Tips Mengatasi Obesitas

Ada beberapa cara penurunan berat badan, yang disesuaikan dengan jenis beratnya obesitas dan status kesehatan, perubahan pola hidup, obat-obatan, dan pembedahan. Baca 

Perubahan pola hidup meliputi mengatur pola makan dan meningkatkan aktivitas fisik. Pembatasan kalori saja ternyata hanya dapat menurunkan berat badan dan kurang berdampak baik pada lemak darah. Sedangkan olah raga saja tidak serta merta menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan jaringan lemak digantikan jaringan otot yang lebih berat. Namun olah raga berdampak memperbaiki profil lemak darah, yaitu menurunkan kolesterol LDL, trigliserida dan meningkatkan kolesterol HDL.

Untuk masalah diet juga diperhatikan bahwa lemak memberikan kontribusi kalori terbesar dibandingkan dengan protein atau karbohidrat. Satu gram lemak mengandung 9 Kal, sedangkan satu gram protein atau karbohidrat hanya mengandung 4 Kal.

Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk menurunkan berat badan?

1. Mulailah dengan tekad

Pengetahuan bahwa kegemukan merupakan pemicu masalah kesehatan yang berat, dapat memberi motivasi. Selain motivasi kesehatan, penampilan juga perlu mendapat perhatian. Keluarga dan teman-teman di sekelilingnya perlu diberitahu untuk dapat mendukung program ini.

2. Pengaturan makan

Dari pengetahuan yang diperoleh di atas, pengaturan makan harus dibarengi gaya hidup aktif dan berolah raga teratur. Bila perlu, menggunakan obat merupakan jalan terbaik. Namun harus dengan konsultasi dokter. Kesinambungan merupakan kemutlakan. Jangan berhenti bila tujuan sudah dicapai. Pertahankan seumur hidup.

3. Buat target

Buat target jangka pendek dan semangati diri sendiri apabila target tercapai. Target jangka pendek adalah penurunan BB 0,5 kg/minggu atau jangka panjang adalah penurunan 10% BB dan berkurangnya lingkar perut.

4. Buat perencanaan

Buat rencana yang masuk akal dan dapat dilakukan untuk jangka waktu lama. Misalnya, makan teratur namun berkalori rendah. Mempelajari variasi makanan yang rendah kalori namun cukup enak, mudah dibuat dan diperoleh. Melakukan olah raga di rumah atau di tempat kerja yang masih mungkin dilakukan. Modifikasi jenis olahraga juga diperlukan.

Jika empat tips di atas bisa dijalankan dengan konsisten, kita bisa menutup pintu masuk penyakit berbahaya akibat dari obesitas tersebut. Selamat mencoba.

 

Tips Mengatasi Obesitas (Kegemukan)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *