3 Perbedaan Convenience Store dan Grocery Store

Meski istilah convenience store masih cukup asing, keberadaan convenience store hampir bisa ditemukan di berbagai daerah. Bahkan di daerah pelosok sekalipun. Namun, banyak orang yang masih tertukar antara convenience store dengan grocery store.

Convenience Store dan Grocery Store

Umumnya, convenience store lebih sering disebut sebagai toko serba ada. Sedangkan toko groceries juga biasa disebut sebagai toko grosir atau toko kelontong. Bukan hanya berbeda secara nama, dua jenis toko ini juga memiliki banyak perbedaan lainnya.

Perbedaan Convenience Store dan Grocery Store

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui untuk membedakan toko serba ada dan toko groceries:

1. Produk yang Dijual

Sesuai dengan namanya, toko serba ada hampir menjual berbagai hal yang Anda butuhkan. Mulai dari makanan pokok, makanan ringan, hingga minuman. Toko serba ada juga biasanya berbentuk toko ritel yang mudah ditemukan dan buka berjam-jam. Sehingga, Anda bisa membeli sebagian besar kebutuhan harian Anda di toko ini.

Akan tetapi, toko serba ada biasanya tidak menyediakan produk segar seperti buah dan sayuran. Kalaupun ada, jumlahnya sangat terbatas. Sehingga harganya juga cenderung lebih mahal dibandingkan dengan toko groceries.

Sedangkan grocery store menyediakan berbagai bahan makanan segar untuk kebutuhan sehari-hari. Mulai dari sayur dan buah, daging dan ikan, serta berbagai produk segar lainnya. Beberapa toko groceries juga bisa menyediakan perlengkapan rumah tangga seperti pasta gigi, sabun cuci, ataupun pisau dapur. Namun jumlahnya terbatas dan tidak terlalu banyak.

2. Ukuran Toko dan Jam Buka Toko

Umumnya, convenience store memiliki ukuran yang lebih kecil dari toko groceries. Karena itu, Anda bisa menemukan toko ini hampir di mana saja. Mulai dari bandara, stasiun kereta api, tepi jalan besar, hingga beberapa daerah pedesaan.

Biasanya, convenience store dibangun untuk memberi fleksibilitas waktu belanja dan kepraktisan. Karena itu, jam buka convenience store juga lebih panjang. Beberapa toko serba ada bahkan memiliki layanan buka 24 jam.

Dibandingkan dengan toko serba ada, ukuran grocery store cenderung lebih besar. Namun, jam buka toko cenderung lebih singkat. Hal ini karena produk segar yang tersedia di toko memiliki waktu simpan yang sebentar. Sehingga, jam buka toko groceries tidak akan sepanjang convenience store.

3. Usia Toko

Secara umum, konsep convenience store bisa dibilang cukup baru. Khususnya jika dibandingkan dengan konsep toko groceries yang sudah ada selama berabad-abad. Meski begitu, perkembangan teknologi membawa wajah baru untuk konsep toko groceries. Yaitu dengan munculnya berbagai toko groceries online.

Rekomendasi Toko Grocery Online Terbaik

Salah satu online grocery store yang menarik adalah Sayurbox. Sayurbox bukan hanya melakukan digitalisasi konsep toko groceries. Tapi juga membawa kesegaran produk langsung ke dapur Anda. Setiap produk segar yang tersedia di Sayurbox dipanen dan dikirim pada hari yang sama.

Dengan kata lain, Anda melakukan pembelian produk segar langsung dari petani. Sehingga, Anda bisa mendapatkan produk dengan kualitas terbaik untuk Anda dan keluarga. Bukan hanya itu saja, secara tidak langsung, Anda juga membantu mensejahterakan petani lokal.

Proses pembelian grocery di grocery store Sayurbox juga sangat mudah. Anda bisa melakukan pembelian melalui aplikasi atau website https://www.sayurbox.com/. Pilih produk segar terbaik yang Anda mau, lalu pilih waktu pengiriman sesuai dengan keinginan Anda, dan tunggu hingga kurir mengantarkan pesanan Anda. Sangat mudah bukan?

 

Perbedaan Convenience Store dan Grocery Store

About the Author: Lentera Sehat

Cuma berbagi artikel yang sehat dan layak dibaca dari berbagai sumber referensi yang dapat dipercaya.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.