Ciri-Ciri Ibu Hamil Seminggu yang Sering Tidak Disadari

Secara umum terjadinya kehamilan disebabkan bersatunya sperma dengan sel telur di dalam rahim setelah melakukan hubungan pasangan suami istri secara normal (tanpa menggunakan alat kontrasepsi) menjelang pelepasan sel telur atau ovulasi dari rahim. Sel telur yang telah dibuahi oleh sperma tersebut, selanjutnya akan menempel pada dinding rahim. Lantas, apakah ada ciri-ciri kehamilan seminggu? Bagaimana bentuk perut ibu hamil 1 minggu?

Ibu Hamil Seminggu

Ciri-Ciri Ibu Hamil Seminggu

Ciri-ciri kehamilan seminggu belum bisa dilihat secara pasti. Umumnya baru bisa dikenali tanda kehamilan secara jelas setelah memasuki usia 4-6 minggu kehamilan. Di usia 1 minggu kehamilan, janin belum terbentuk sehingga perut ibu tampak normal dan belum mengalami banyak perubahan termasuk juga dengan kondisi perubahan payudara.

Namun sebenarnya tubuh akan memberikan tanda-tanda jika seorang wanita sedang hamil, meskipun tanda-tanda kehamilan tersebut bisa berbeda-beda antara satu wanita dengan wanita lainnya. Antara lain:

1. Perdarahan Implantasi

Perdarahan implantasi atau keluarnya bercak darah yang disebabkan oleh proses menempelnya sel telur yang sudah dibuahi ke dinding rahim ini, kemungkinan akan dapat terjadi dalam waktu 6-12 hari setelah pembuahan. Hal ini normal dan bisa saja berbarengan dengan jadwal menstruasi sehingga sehingga mengira benar-benar menstruasi.

2. Perubahan Hormon hCG

Hormon hCG (human chorionic gonadotropin)  merupakan hormon peptida yang diproduksi tubuh saat masa hamil yang berfungsi sebagai upaya untuk menjaga kehamilan dan perkembangan janin. Saat tubuh sudah mulai mengaktifkan Hormon hCG maka ibu hamil 1 minggu mungkin saja akan mengalami perubahan suasana hati (mood), perubahan nafsu makan, merasa lelah, mual, kembung, lebih sering buang air kecil, dll.

Meski ciri-ciri di atas tersebut belum tentu sebagai tanda kehamilan, namun itu bisa jadi merupakan sinyal dari adanya kondisi medis tertentu. Cara untuk mengetahui kehamilan seminggu terbaik adalah segera melakukan tes kehamilan dengan test pack atau berkonsultasi ke ahli kandungan untuk mendapatkan hasil yang akurat sedang hamil atau tidak.

Kurun waktu 1 minggu adalah tahap awal sebelum fertilisasi dan membuahkan janin. Bagi yang sudah terlambat haid dari jadwal biasanya, bisa dikatakan ini tanda kehamilan 1 minggu yang hampir memasuki 2 minggu.

Merawat Hamil Seminggu Pertama

Jika tes kehamilan benar-benar hasil positif hamil, maka memasuki seminggu kehamilan pertama yang harus lebih diperhatikan adalah terkait pola makan dan gizi, antara lain:

  • Mengkonsumsi vitamin kehamilan seperti asam folat, vitamin D, kalsium, dan sebagainya.
  • Menjaga pola makan dengan mengkonsumsi sayuran, buah-buahan, protein rendah lemak, serat, dan lemak yang baik untuk tubuh.
  • Berolahraga secara rutin untuk menjaga kehamilan tetap sehat, mendukung proses tumbuh kembang bayi dan memudahkan proses kelahiran.
  • Mengurangi dan mengendalikan stres serta menjaga kesehatan fisik dan mental.
  • Konsumsi air secukupnya setidaknya 8-11 gelas air tiap harinya.
  • Konsultasi ke dokter atau bidan jika ingin menjalani program hamil

 

 

Ciri-Ciri Ibu Hamil Seminggu yang Sering Tidak Disadari

About the Author: Lentera Sehat

Cuma berbagi artikel yang sehat dan layak dibaca dari berbagai sumber referensi yang dapat dipercaya.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.