Bisnis Digital vs. Konvensional: Perbandingan Keuntungan

bisnis

Bisnis digital saat ini menjadi pilihan favorit bagi pelaku usaha pemula. Sebabnya, terdapat berbagai keuntungan dari bisnis digital yang membuatnya lebih mudah daripada bisnis konvensional, karena adanya teknologi informasi yang terus berkembang dan terkini. Dalam artikel ini, kita akan merangkum secara komprehensif mengenai bisnis digital, jenis-jenisnya, hingga keuntungan yang bisa diperoleh dari menjalankan bisnis digital. Bahkan jika Anda tertarik untuk membuka bisnis digital, ada beberapa ide lentera bisnis yang bisa diambil di bawah. Mari simak penjelasannya.

Apa itu Bisnis Digital?

Mengutip dari buku Business and Digital Economy oleh T Arief Pahlevi Pasha dan teman-temannya, bisnis digital adalah sejenis usaha yang memanfaatkan teknologi terkini saat menciptakan sebuah produk atau memasarkannya. Dalam dunia bisnis digital, dikenal juga istilah digital marketing yang menggunakan fasilitas internet dan teknologi informasi untuk memperluas fungsi marketing atau pemasaran secara konvensional.

Bisnis Digital dibagi menjadi beberapa jenis yaitu: marketplace, e-commerce, subscription, dan ad-supported. Berikut penjelasannya lebih detail.

Marketplace

Marketplace adalah sebuah bisnis digital di mana pemilik usaha menyediakan sarana bagi orang lain untuk menawarkan produk di platform yang mereka kelola. Contohnya seperti banyak marketplace yang dikenal luas, yang sering disebut disebut si ijo dan si oren. Dengan kata lain, marketplace adalah wadah yang mempertemukan antara penjual dan pembeli serta mempermudah transaksi antara keduanya.

E-commerce

Jenis ini sering dianggap sama dengan marketplace, tetapi sebenarnya memiliki perbedaan. Bisnis digital e-commerce dilakukan langsung oleh perusahaan atau produsen dengan menyediakan produk dan memasarkannya secara langsung. Contohnya adalah website milik retail pakaian yang memungkinkan pelanggan untuk memesan langsung dari website tersebut.

Ad-supported

Jenis bisnis digital ini biasanya diterapkan oleh media sosial yang penggunanya tidak perlu merogoh kocek langganan bulanan. Meskipun pengguna tidak membayar, media sosial tersebut tetap menghasilkan pemasukan dengan model bisnis ad-supported, di mana mereka akan menghasilkan profit dari iklan, sponsor, dan promosi yang ditayangkan melalui platform media sosial tersebut.

Menuju Efisiensi Bisnis: Penerapan Sistem Cerdas

Subscription

Jenis bisnis digital subscription hidup dari biaya berlangganan yang dibayarkan penggunanya. Model bisnis digital ini biasanya diterapkan oleh platform streaming, bacaan, dan hiburan lainnya. Bisnis digital subscription merupakan pengembangan dari model bisnis berlangganan zaman dulu yang mengharuskan pelanggan merogoh kocek langganan bulanan untuk mendapatkan konten ke koran atau majalah.

 

Bisnis Digital vs. Konvensional: Perbandingan Keuntungan

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *