Dampak Positif dan Negatif Dari Internet

Internet pertama kali diciptakan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, sebenarnya internet dahulu hanya beberapa situs amerika yang dapat mengakses internet, tapi seiring perkembangan internet sekarang hampir semua situs web bisa anda akses.

Dampak Positif dan Negatif Dari Internet

Pada dasarnya, internet hanya orang tertentu lah yang bisa mengaksesnya. Tapi sekarang hampir semua orang di dunia dari mulai anak-anak, sampai lansia sudah dapat mengakses internet, bahkan sekarang internet adalah teknologi yang tidak akan pernah lepas di kehidupan sehari-hari manusia di dunia.

Jika anda membaca artikel ini nah itu pasti anda sedang mengakses internet, karena untuk memuat halaman ini membutuhkan koneksi internet. Tapi apakah anda sudah tahu apa saja dampak dari penggunaan internet? dampak tersebut terbagi menjadi dua yaitu ada dampak positif dan dampak negatif. berikut simak pembahasanya.

Dampak Positif Dari Internet

jika kita menggunakanya untuk hal yang baik, Internet memiliki banyak manfaat dan dampak positif untuk kita semua, berikut manfaat dan dampak positif internet :

1. Media Informasi

Dengan internet, kita dapat mencari informasi dan berita terkini dari seluruh dunia dengan cepat.
Pembaharuan informasi di internet terjadi setiap waktunya. Pengguna internet bisa mencari informasi melalui mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo, dll. atau bisa juga masuk ke web berita seperti Detik, Viva, dll. Dengan catatan, carilah informasi yang penting dan bisa bermanfaat untuk anda.

2. Media Komunikasi

Kini semua orang dapat berkomunikasi dan saling terhubung satu sama lain dengan siapa saja, dimana saja dan kapan saja. Dengan menggunakan internet komunikasi dengan orang jauh antar negara antar benua. dan ini lebih mudah dan cepat. Komunikasi melalui internet bisa dengan melalui E-mail, chating, forum, sosial media, video call, dll.

3. Media Belajar dan Hiburan

E-learning atau belajar elektronik, maksudnya belajar melalui internet, WOW. Kini siapa saja bisa belajar melalui internet dengan adanya ini dijamin pengetahuan anda semakin luas, pembelajaran di internet dapat berupa e-book atau buku elektronik. Luar biasa buku aja ada yang elektronik.

Sekarang Mencari hiburan pun kini lebih mudah, tidak hanya lewat tv dan radio, Hiburan dari internet seperti game online, video, film, audio, dan masih banyak yang lainnya.

4. Sebagai Media Berbisnis

Sekarang bisnis tidak hanya bisa dilakukan di dunia nyata tapi juga bisa di dunia internet, ini sering disebut dengan Bisnis online. Bisnis ini dapat anda lakukan dengan mengakses internet, bisnis online juga sering banyak di pilih orang, karena mudah dan cepat. untuk lancar berbisnis di internet anda harus mempelajari dulu ilmu internet marketing.

Dengan begini interet bisa menjadi tambang pundi-pundi penghasilan anda. bisnis ini juga dapat dilakukan siapa saja, so untuk anak-anak dan remaja jangan takut mencobanya.

5. Media Pertukaran Data san informasi

Untuk yang satu ini, kita dapat mengenal istilah Download dan Upload, keduanya berfungsi untuk bertukar data. Download adalah orang yang mengambil data, sedangkan upload adalah orang yang membagikan data. Media ini dapat anda lakukan contohnya melalui facebook, atau lainya

Dengan begini jika anda mau membagikan data tidak harus bertemu, hanya menggunakan istilah download dan upload saja.

Dampak Negatif dari Internet

Jika kita sudah menjelaskan beberapa dampak positif internet, pasti anda dampak negatifnya juga. Oleh karena itu anda harus bisa menyikapi internet dengan baik, agar tidak terkena dampak negatifnya, berikut dampak tersebut.

1. Po rno grafi

Hal ini jangan anda lakukan, por no grafi maksudnya di internet ada gambar atau video yang mengandung ‘parno’, hal ini juga berdampak buruk untuk anda kedepannya khususnya untuk anda yang masih pelajar.

2. Perjudian

Perjudian tidak hanya bisa dilakukan di dunia nyata namun juga bisa dilakukan di internet. Perjuadian itu tidak baik, maka jauhi lah ini. Buang sejauh-jauhnya.

3. Penipuan

Karena internet tidak bertatapan muka, karena itu banyak orang yang memanfaatkanya untuk menipu, jangan ditiru ya. Penipuan tidak baik dan ini juga akan berakibat fatal untuk anda.

4. Pencurian

Mencuri sekarang tidak hanya dilakukan di pasar, di internet juga bisa. Contoh barang yang dicuri mungkin barang digital seperti kartu kredit atau lainnya. Ini bisa disebut dengan istilah “Carding” ingat benda hasil curian itu hukumnya haram, jadi jangan lakukan ini!

Internet sudah menyediakan banyak fasilitas yang bisa kita lakukan, sekarang itu tergantung ke diri masing-masing mau menggunakannya untuk hal positif atau hal negatif. Tapi saya bersikeras jauhi penggunaan untuk hal yang negatif.

 

Dampak Positif dan Negatif Dari internet

About the Author: Lentera Sehat

Pemerhati kesehatan yang suka berbagi artikel kesehatan berdasarkan sumber referensi yang dapat dipercaya.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *