Kawasan Konservasi Alam Dalam Menjaga Keaneragaman Flora dan Fauna

Konservasi alam memberikan dampak positif bagi kelestarian lingkungan beserta komponen didalamnya. Dalam pelaksanaan pelestarian lingkungan ini, dilakukan dengan membuat kawasan konservasi alam sesuai dengan habitat setiap spesies Sehingga dapat menjaga ekosistem dan kelangsungan makhluk hidup.

Keaneragaman Flora dan Fauna

Macam-macam Kawasan Konservasi Lingkungan

Konservasi lingkungan bertujuan untuk melindungi lingkungan dan komponennya dari kerusakan yang disebabkan karena perbuatan manusia. Konservasi alam mempunyai beberapa kawasan yang digunakan sebagai tempat terlindung dari kegiatan yang dapat merusak dan mengganggu alam. Seperti pemburuan liar, penebangan pohon dan sebagainya.

Kawasan konservasi lingkungan dikelola untuk menjaga keanekaragaman flora dan fauna. Sehingga tidak punah akibat perubahan alam atau pun manusia. Berikut macam-macam kawasan konservasi lingkungan yang ada di Indonesia.

1. Taman Nasional

Taman Nasional merupakan kawasan konservasi yang berfungsi untuk melindungi kehidupan alam dan makhluk hidup didalamnya. Taman ini tetap menjaga kelestarian alam dan kehidupan hewan dan tumbuhan serta sumber daya alam lainya. Taman Nasional dapat dijadikan sebagai tempat edukasi, pendidikan, rekreasi dan budaya.

2. Cagar Alam

Cagar Alam merupakan kawasan hutan sebagai tempat perlindungan flora dan fauna secara alami di alam. Cagar Alam berfungsi untuk melindungi tumbuhan dan hewan di habitat aslinya. Cagar Alam terdapat di beberapa tempat di Indonesia, diantaranya di Lampung, Jawa Timur, Bengkulu, dan sebagainya.

3. Taman Laut

Selain melindungi hutan, konservasi juga mencakup kawasan lautan. Taman Laut menjadi wilayah untuk menjaga dan melindungi keanekaragaman hayati di dalam laut. Khususnya kehidupan ikan dan terumbu karang dari orang yang tidak bertanggungjawab. Taman Laut yang terkenal dengan keindahanya yaitu Bunaken di Sulawesi Utara.

4. Kebun Raya

Kebun Raya merupakan kawasan untuk melindungi berbagai tumbuhan dari tempat asalnya. Kebun Raya dapat dijadikan sebagai tempat konservasi, edukasi hingga rekreasi untuk menambah ilmu pengetahuan.

5. Hutan Bakau

Hutan Bakau terletak di garis pantai yang sangat berperan penting saat terjadi pasang surut air laut. Mangrove atau Bakau mempunyai akar yang lebat dan rapat sehingga dapat membersihkan laut dari bahan atau sisa organik. Hutan Bakau dapat menjaga kebersihan laut serta memelihara terumbu karang.

Sebagai salah satu perusahaan yang memanfaatkan sumber daya alam, AQUA menghadirkan program cinta lingkungan yaitu Bijak Berplastik. Program ini memberikan kepedulian terhadap kelestarian alam serta flora dan fauna agar tetap seimbang dan serasi.

 

Konservasi Alam Dalam Menjaga Keaneragaman Flora dan Fauna

About the Author: Lentera Sehat

Pemerhati kesehatan yang suka berbagi artikel kesehatan berdasarkan sumber referensi yang dapat dipercaya.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *