Melatih Kecerdasan Emosi (EQ) Sangat Penting

Setiap orang pasti memiliki masalah dalam hidupnya dan terkadang tidak dapat terselesaikan dengan baik. Namun, ada juga orang-orang yang mampu menyelesaikan masalahnya karena memiliki kecerdasan emosional. Penelitian dunia juga menunjukkan bahwa kesuksesan hidup seseorang ditentukan oleh 80% kecerdasan emosional (EQ) dan 20% kecerdasan intelektual (IQ). Maka dari itu, sangat penting melatih kecerdasan emosional (EQ) pada diri setiap orang.

Kecerdasan Emosi (EQ)

Ciri-ciri kecerdasan emosional

Fakta mengatakan bahwa orang yang memiliki kecerdasan emosional tidak hanya sukses dalam hidupnya, tetapi mereka juga selalu terlihat bahagia. Beberapa sumber juga menyebutkan bahwa kecerdasan emosional biasanya bercirikan sebagai berikut:

1. Respek kepada orang lain

Orang yang memiliki kecerdasan emosional terlihat menghormati orang lain tanpa pandang bulu atau luwes dalam bergaul.

2. Mampu memotivasi untuk dirinya dan orang lain

Pernahkah kita melihat seseorang yang pernah gagal dalam hidupnya tetapi ia mampu bangkit kembali walau tanpa bantuan siapapun? Setelah itu biasanya ia juga mampu menyemangati orang lain.

3. Berpikiran visioner

Orang dengan kecerdasan emosional tinggi juga selalu melihat kedepan dan belajar dari pengalaman masa lalu. Pikiran dan perbuatannya berfokus pada apa yang dijalani saat ini dan rencana ke masa depan.

4. Memiliki jiwa pemimpin

Pernahkah Anda melihat seseorang begitu penuh kharismatik? Bisa jadi orang tersebut mampu menjadi seorang pemimpin yang baik.

5. Negosiator yang baik

Orang dengan kecerdasan emosional yang tinggi mampu bekerja sama dengan siapapun dan juga mudah menyampaikan pikiran dan perasaannya.

Banyak ciri khas lainnya yang bisa dilihat pada orang yang memiliki kecerdasan emosional. Secara keseluruhan kita menganggap orang dengan kecerdasan emosional tinggi adalah orang yang berkepribadian baik.

Kiat melatih Kecerdasan emosional

Kecerdasan emosional bukanlah suatu berkah sejak lahir. Kecerdasan emosional sama halnya dengan kecerdasan intelegensia yang membutuhkan pembelajaran terus-menerus. Dibawah ini terdapat kiat-kiat melatih kecerdasan emosional yang terangkum dari berbagai sumber:

1. Selalu berusaha berpikir positif

Saran yang klise tetapi kenyataannya berpikiran positif mampu menyelesaikan masalah dan kendala yang ada.

2. Memiliki rasa empati

Adakalanya dalam bergaul atau bekerja sama kita ada persinggungan dengan orang lain. Nah, disaat itulah terkadang kita tidak menyadarinya dan memilih sikap konfrontasi. Sebelum masalah melebar, cobalah memposisikan diri kita sebagai pihak yang berlawanan. Itulah yang dinamakan rasa empati.

3. Percaya pada kekuatan diri

Sikap tidak percaya diri bisa muncul pada siapa saja. Ketergantungan kepada orang lain akan menimbulkan ketidakpercayaan pada diri sendiri. Sikap percaya diri sendiri dapat timbul jika kita menyadari bahwa setiap orang memiliki kekuatan dan kelemahan diri.

4. Berani mengemukakan pendapat

Jujur saja bahwa dalam pergaulan dimanapun terkadang kita sulit mengatakan tidak atau selalu menuruti kehendak orang lain dengan alasan tidak enak atau takut melukai perasaan. Padahal, berani mengemukakan pendapat menjadikan diri kita bersikap asertif atau tegas.

Selain keempat kiat diatas, kecerdasan emosional juga dilatih melalui sikap pandai bersyukur dan menjalankan kehidupan spiritual yang baik.

Jujur saja, susah-susah mudah dalam melatih kecerdasan emosional. Tetapi faktanya sangat penting melatih kecerdasan emosional karena berkaitan dengan meraih kesuksesan dalam hidup.

 

Melatih Kecerdasan Emosi (EQ) Sangat Penting

About the Author: Lentera Sehat

Cuma berbagi artikel yang sehat dan layak dibaca dari berbagai sumber referensi yang dapat dipercaya.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.