Benarkan Rubbing Alcohol Cocok untuk disinfeksi Benda di Rumah Anda?

Di era pandemi banyak orang menjadi gila kebersihan. Hal ini wajar dan memang sangat diperlukan. Untuk Anda yang sedang mencari bahan pembersih atau bahan disinfektan yang terbaik, maka Anda mungkin akan berpikir untuk menggunakan rubbing alcohol sebagai cairan pembersih Anda.

Rubbing Alcohol sebagai Disinfektan

Rubbing alcohol merupakan salah satu cairan yang paling banyak dipilih untuk membersihkan permukaan benda karena memang lebih banyak dianjurkan akan tetapi apakah penggunaan rubbing alcohol ini bisa menjadi bahan disinfektan terbaik? Mari simak ulasannya berikut ini.

Rubbing Alcohol sebagai Disinfektan

Rubbing alcohol dikenal juga dengan nama iso propanol. Biasanya jenis rubbing alcohol yang dikemas dalam botol adalah bahan isopropanol 60% hingga 80% yang dilarutkan dalam air. Rubbing alcohol dengan kadar di atas 70% lah yang banyak dipercaya untuk melakukan disinfeksi terhadap virus Covid 19 1 tahun belakangan ini.

Pada dasarnya rubbing alcohol memiliki banyak manfaat. Bukan hanya mampu membunuh virus Covid 19 saja, rubbing alcohol juga bisa digunakan untuk memusnahkan virus jamur dan juga mikroorganisme berbahaya. Hal inilah yang membuat rubbing alcohol tidak hanya bisa digunakan untuk membersihkan tangan dan juga permukaan benda tapi juga digunakan sebagai bahan pembersih peralatan rumah tangga Anda.

Keandalan hasil rubbing alcohol sebagai disinfektan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, rubbing alcohol merupakan salah satu bahan yang paling banyak dipercaya untuk membersihkan sebuah permukaan benda. Akan tetapi tahukah Anda jika bahan ini sesungguhnya bukan bahan yang terbaik untuk disinfektan benda-benda di rumah Anda?

Jika Anda ingin melindungi keluarga Anda dengan melakukan disinfektan untuk benda-benda yang datang dari luar rumah karena Covid 19 ini menggunakan hidrogen peroksida bisa sangat membantu. Hanya saja ia memiliki sifat yang terlalu keras.

Jadi jika Anda harus memilih, rubbing alcohol memang merupakan pilihan terbaik sebagai disinfektan untuk kulit Anda. Oleh karena itu, menggunakan hand sanitizer dari bahan rubbing alcohol masih direkomendasikan. Akan tetapi jika Anda ingin melakukan disinfeksi permukaan benda, menggunakan hidrogen peroksida akan lebih cocok.

Disinfektan adalah cairan kimia yang digunakan untuk membunuh virus dan bakteri menggunakan senyawa khusus yang dapat membunuh virus dengan waktu yang sangat singkat. Jangan biarkan penyebaran virus semakin meluas dan lindungi orang-orang tercinta dengan jasa semprot disinfektan.

Namun pastikan memilih jasa penyemprotan disinfektan dengan harga wajar yang terjangkau tanpa mengurangi kualitas chemical disinfektan yang digunakan.

 

Rubbing Alcohol untuk disinfeksi Benda di Rumah

About the Author: Lentera Sehat

Pemerhati kesehatan yang suka berbagi artikel kesehatan berdasarkan sumber referensi yang dapat dipercaya.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *