Tips Belanja Online Aman Agar Tidak Tertipu

Pada saat menjelang liburan, belanja secara online memang sangat disukai oleh para konsumen. Hal ini dikarenakan para konsumen lebih suka menghabiskan waktu bersama keluarganya di rumah dibandingkan harus berdesak-desakan di pasar hanya untuk berbelanja. Nah, bagi anda yang suka berbelanja secara online sebaiknya memperhatikan beberapa tips berikut ini agar anda tidak tertipu saat belanja secara online.

Melakukan Riset Terhadap Situs Tempat Anda Belanja Online

Ketika anda berbelanja di situs web yang kurang terkenal atau kurang familiar maka sebaiknya anda melakukan riset terlebih dahulu. Cara melakukan risetnya yakni dengan memeriksa kontak si penjual lalu menghubunginya. Apabila anda masih kurang percaya dengan situs tersebut maka anda bisa mencari situs web tersebut dengan mesin pencari Yahoo ataupun Google. Setelahnya anda bisa memasukan nama situs web lalu mencari ulasan dari konsumen mengenai situs web tersebut.

Mempertimbangkan Cara Pembayarannya

Pada umumnya pembayaran belanja online sering dilakukan dengan kartu kredit. Apabila melakukan pembayaran melalui kartu kredit maka anda akan memiliki bukti yang kuat jika anda telah melakukan sebuah transaksi secara online. Hal ini berguna ketika barang yang anda pesan tidak diantar atau pun barang tersebut tidak sesuai dengan pesanan.

Seiring berjalannya waktu membuat oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang mencuri nomor kartu kredit. Meskipun begitu, kini anda tidak perlu khawatir lagi, karena sekarang ini anda sudah bisa menggunakan sistem lainnya untuk pembayaran belanja online, seperti dengan menggunakan sistem paypal.me yang bisa diverifikasi dengan VCC murah. pembayaran belanja online dengan menggunakan sistem ini juga bisa dilakukan dengan telepon seluler.

Jangan Mudah Tergoda Dengan Barang Yang Murah

Apabila anda melihat barang yang ditawarkan murah maka anda jangan langsung tergoda. Sebaiknya anda mencari situs web yang menawarkan barang murah untuk anda terlebih dahulu. Setelahnya anda bisa memesannya barang yang murah di situs web tersebut. Akan tetapi jangan melakukan transaksi melalui via e-mail ataupun jendela pop-up.

Mencari Tanda Kalau Situs Web Aman

Cara mencari tahunya yakni dengan melihat tanda yang berupa gambar gembok di status bar bwoser. Nah, sebelum anda memasukan informasi diri sebaiknya anda memeriksa tanda tersebut terlebih dahulu. Selain itu, pada saat anda diminta untuk memasukkan informasi pendaftaran nomor credit card sebaiknya anda juga melihat alamat situs tersebut. Apabila situs web tersebut berubah dari http ke https atau shttp maka dapat dipastikan jika informasi mengenai pembayaran tersebut akurat dan juga aman.

Menyimpan Bukti Transaksi

Apabila telah melakukan transaksi secara online maka ada baiknya anda menyimpan bukti transaksinya. Seperti kwitansi digital, salinan percakapan antara anda dengan si penjual serta deskripsi mengenai produk dan juga harganya. Hal ini sangat penting dilakukan, apalagi sekarang ini sangat banyak oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan peluang ini.

Menyimpan Password Dengan Baik

Pada umumnya banyak situs web toko belanja online yang mengharuskan setiap konsumennya untuk log-in terlebih dahulu sebelum melakukan transaksi. Nah, waktu log-in ini anda diharuskan mengisi username dan password. Untuk menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan sebaiknya anda membuat password yang cukup sulit, namun masih bisa untuk anda ingat. Selain itu, jangan pernah menunjukkan password anda pada orang lain.

Memeriksa Harga Total Barang

Tips ini bisa anda terapkan dengan cara membandingkan harga total dari suatu situs web dengan harga total situs web lainnya. Cara melihat total harganya yakni dengan menambah harga barang, ongkos pengiriman barang serta ongkos bungkus barang tersebut.

Mengamankan PC Yang Anda Gunakan

Sebaiknya PC yang anda gunakan harus memiliki firewall dan anti spyware. Jika anda tidak memiliki kedua pengaman tersebut maka minimalnya PC anda harus mempunyai antivirus. Selain itu, pengaman ini juga harus di update secara teratur agar pengaman tersebut bisa tetap melindungi PC anda.

Itulah beberapa informasi mengenai tips belanja online aman agar anda tidak tertipu. Bagi anda yang sangat suka belanja online maka kami sarankan beberapa situs toko belanja online yang sudah terpecaya seperti deal extreme, tiny deal dan masih banyak lagi lainnya. Semoga apa yang telah dipaparkan diatas dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi anda.

 

Tips Belanja Online Aman Agar Tidak Tertipu

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *