Manfaat Dan Cara Menggunakan Conditioner Agar Rambut Sehat Dan Indah

Conditioner merupakan salah satu produk perawatan rambut yang berfungsi menggantikan lemak alami yang ikut tercuci saat keramas menggunakan shampo, yang menyebabkan rambut terasa kasar dan kusam. Selain itu, Conditioner berfungsi juga untuk merapikan kutikula rambut agar rambut tetap lembab, lembut, lebih halus dan tidak kusut.

Manfaat Menggunakan Conditioner

Manfaat Menggunakan Conditioner

Penggunaan conditioner sering kali diabaikan orang dengan berbagai macam alasan. Padahal ada manfaat jika menggunakan conditioner setelah keramas. Berikut ini beberapa manfaat dari conditioner selain menggantikan lemak alami, rambut tetap lembab, lembut, dan tidak kusut.

Meningkatkan dan Melindungi Volume Rambut 

Saat ini terdapat produk conditioner yang dibuat untuk memberikan volume rambut selain membuat rambut lembut dan berkilau. Dengan enggunakan conditioner secara rutin rambut akan lebih mengembang. Selain itu, ada produk conditioner yang dilengkapi formula untuk melindungi rambut dari paparan polusi udara, sinar UV A dan B serta panas alat penata rambut.

Menambah Kemilau Rambut

Formula yang ada di dalam kandungan conditioner secara umum dibuat untuk membuat rambut hitam dan berkilau. Dengan demikian manfaat conditioner secara rutin bisa membantu rambut agar terlihat berkilau lebih dan tahan lama.

Mencegah Kerusakan Rambut

Manfaat menggunakan conditioner secara rutin bisa membantu merawat kesehatan rambut yang rusak yang disebabkan beberapa faktor seperti polusi, sinar matahari, terlalu sering mencatok, dan mengikat rambut terlalu keras. Conditioner akan menyuplai protein dan nutrisi pada rambut agar tetap sehat.

Pelembab  Kulit Kepala 

Kelembaban kulit kepala harus tetap terjaga agar terhindar dari masalah seperti kering, ketombe, rontok, bercabang, dan lainnya. Menggunakan conditioner secara rutin bisa menjadi pelembap rambut karena fungsinya memberikan kelembapan, bukan hanya pada rambut tapi juga kulit kepala.

Mencegah Kerontokan Rambut

Manfaat menggunakan conditioner secara rutin dipercaya bisa membuat rambut menjadi lebih kuat karena telah diformulasikan untuk kesehatan dan perawatan rambut sehingga kerontokan bisa dicegah.

Cara Menggunakan Conditioner

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa fungsi dan manfaat conditioner bukan hanya menjadikan rambut lembap, lembut dan berkilau saja, tetapi juga menjadikan dan melindungi rambut agar sehat. Namun ada cara yang tepat dalam menggunakan conditioner agar memberikan hasil maksimal dan tidak sia-sia. Berikut ini cara menggunakan conditioner yang benar untuk dapatkan hasil terbaik.

Mencuci rambut terlebih dahulu

Sebelum menggunakan conditioner, sebaiknya mencuci rambut atau keramas terlebih dahulu dengan sampo yang sesuai dengan jenis rambut yang dimiliki. Bilas hingga bersih dan pastikan tidak ada sisa sampo di rambut.

Conditioner jangan di gunakan pada rambut yang basah

Agar penggunaan conditioner bisa lebih maksimal, jangan digunakan pada rambut yang masih benar-benar basah setelah keramas. Keringkan atau peras rambut secara perlahan kemudian tepuk dengan menggunakan handuk. Conditioner akan mudah larut dan tercuci sehingga tidak dapat menutrisi rambut dengan benar jika dalam kondisi rambut yang terlalu basah.

Gunakan Conditioner secukupnya

Gunakan conditioner sesuai dengan volume rambut. Jangan berlebihan, karena akan membuat pemakaian conditioner menjadi tidak efektif dan rambut tidak dapat menyerap maksimal conditioner yang telah diaplikasikan.

Ratakan conditioner ke seluruh bagian rambut dengan sisir tanpa mengenai kulit kepala

Bagi Sebagian orang mungkin saja dapat menimbulkan alergi ketika conditioner mengenai kulit kepala. Oleh karena itu, perlu hati-hati dalam pengaplikasiannya. Gunakan conditioner dari ujung rambut hingga ke segala sisi rambut menyeluruh tanpa mengenai kulit kepala.

Setelah semua rambut sudah merata dengan conditioner, kemudian untuk merapikan rambut agar lebih mudah, gunakan sisir rambut. Saat rambut ada conditioner dapat membuat rambut lebih mudah diatur dan conditioner dapat masuk hingga helaian rambut paling dalam.

Diamkan agar conditioner meresap

Setelah disisir merata, diamkan rambut selama 2-3 menit agar conditioner dapat meresap ke dalam rambut sehingga akan mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Bilas dengan air hangat hingga bersih

Untuk hasil lebih maksimal, langkah akhir adalah membilas rambut dengan menggunakan air bersih hangat. Air hangat dapat membantu mengurangi minyak berlebih pada rambut dan mempercepat pembilasan conditioner. Bilas hingga rambut tidak tersisa conditioner dan tidak lagi licin.

Sampo saja tidak cukup untuk merawat rambut. Lengkapi perawatan rambut dengan rangkaian conditioner dari Sunsilk. Rangkaian conditioner lengkap di Sunsilk Conditioning Smoothies.

 

Manfaat Dan Cara Menggunakan Conditioner Agar Rambut Sehat Dan Indah

About the Author: Lentera Sehat

Pemerhati kesehatan yang suka berbagi artikel kesehatan berdasarkan sumber referensi yang dapat dipercaya.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *