Mengapa Manula Perlu Suplemen HMB

Tidak dapat dihindari bahwa Manula (Manusia Lanjut Usia) akan mengalami penurunan massa otot. Massa otot adalah ukuran otot yang dimiliki oleh tubuh seseorang dan akan menurun kurang lebih 3% setiap tahunnya setelah melewati masa paruh baya.

Suplemen HMB

Penurunan massa otot ini akan berpengaruh pada stamina yaitu kemampuan daya tahan kekuatan dan energi fisik seseorang yang memungkinkan dapat bertahan dalam kerja atau dalam kesehatan tubuh. Salah satu usaha agar stamina tetap fit di saat manula maka diperlukan suplemen seperti suplemen HMB.

Pengertian HMB (Beta-hidroksi Beta-metilbutirat)

Beta-hidroksi beta-metilbutirat (β-Hydroxy β-Methylbutyric) atau yang lebih dikenal dengan istilah HMB merupakan metabolit dari leusin yaitu asam amino rantai cabang yang mengatur metabolisme protein. HMB memiliki peran penting untuk menjaga massa otot tubuh.

Secara normal tubuh dapat memproduksi HMB jika asupan protein dan asupan leusin yang dapat dicukupi dari beberapa makanan yang kaya akan protein seperti ikan dan susu.

Bahkan HMB dianjurkan digunakan pada atlet untuk untuk meningkatkan kekuatan daya tahan atau stamina serta mengurangi kekurangan protein dan kerusakan otot saat latihan intensitas yang tinggi.

Namun, bagi manula yang tidak luput dari kehilangan massa otot atau sarcopenia karena faktor usia karena terjadi ketidakseimbangan antara pertumbuhan sel otot (anabolisme) dan juga penghancuran sel otot (katabolisme).

Selain itu, kurangnya aktivitas tubuh dan otot menyebabkan sarcopenia semakin parah. Oleh karena itu manula membutuhkan suplemen HMB untuk menekan penurunan massa otot.

Suplemen Penambah Massa Otot

Untuk meningkatkan dan mempertahankan massa otot maka bisa mengkonsumsi suplemen penambah tenaga agar stamina tetap terjaga. Terutama bagi kaum manula. Namun penting untuk mengetahui cara menghitung jumlah kalori pada makanan demi membantu menjalankan program kontrol makanan secara sehat dan tertata.

Dalam situs ensure.co.id disebutkan bahwa menurut para peneliti dari University of Padova di Italia, seseorang perlu mengonsumsi setidaknya 1,5 gram HMB setiap hari selama 8 minggu untuk meningkatkan kekuatan otot secara signifikan.

Namun, untuk memperoleh asupan ini lewat makanan, dibutuhkan upaya yang lebih tinggi. Bagi manula untuk memperoleh 1,5 gram HMB seperti yang direkomendasikan, maka perlu mengkonsumsi 30 gram leusin, atau setara dengan 50 buah telur, 11 steak daging, 7 porsi dada ayam, serta 10 cangkir kedelai.

Atau mengkonsumsi makanan lainnya seperti 3.000 buah alpukat, 3.000 porsi asparagus matang, 6.500 kol matang, serta 750 fillet ikan lele. Tentu saja hal tersebut sangat sulit dicapai.

Jika ingin praktis, saat ini tersedia produk suplemen HMB, seperti susu Goldsure by Ensure. Susu ini merupakan satu-satunya produk di Indonesia yang mengandung HMB serta formula Triple Protein secara bersamaan.

Formula ini terbuat dari kombinasi protein whey, kasein, dan soya yang menjadikannya mudah diserap dan dicerna sera bertahan lama dalam tubuh sehingga dapat tingkatkan sintesa protein.

Goldsure by Ensure sesuai kebutuhannya atau sesuai rekomendasi tenaga kesehatan untuk manula atau setelah melewati masa paruh baya. Goldsure by Ensure sangat mudah diminum karena mengandung laktosa yang rendah serta dengan rasa yang enak.

Mengapa Manula Perlu Suplemen HMB

About the Author: Lentera Sehat

Pemerhati kesehatan yang suka berbagi artikel kesehatan berdasarkan sumber referensi yang dapat dipercaya.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *