Tanaman Hias, Dari Hobi Hingga Bisnis

Tanaman hias adalah jenis dari banyak golongan tanaman yang biasanya digunakan untuk pelengkap dan sebagai dekorasi baik diluar atau di dalam ruangan.

Tanaman Hias, Dari Hobi Hingga Bisnis

Selama ini, tanamam hias sangat terpengaruh oleh trend dan fashion, jenisnya dapat dibedakan berdasarkan daun, bau, buah, batang dan kulit.

Dari bentuk dan jenisnya, tanaman hias memiliki keragaman dan sangat banyak dicari untuk berbagai keperluan. Diantaranya untuk menghiasi taman atau untuk memenuhi pesanan rangkaian bunga.

Konsumennya tidak terbatas pada kalangan tertentu saja. Untuk kebutuhan perkantoran, pemerintahan sampai tingkat kebutuhan untuk perumahan.

Perbedaan perawatan yang mencolok terletak pada dimana tanaman hias akan di tempatkan, didalam ruangan atau di luar ruangan. Beberapa tanaman tidak cocok bahkan tidak mampu bertahan lama jika ditempatkan dalam ruangan ber-AC.

Sinar matahari langsung tetap diperlukan dan menjadi kebutuhan untuk tanaman yang ditempatkan di dalam ruangan sekalipun.

Indonesia beruntung punya struktur iklim dan geografis yang sangat bagus bagi perkembangan bisnis tanaman hias. Banyak sekali ragam tanaman hias yang bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Seiring dengan itu, kebutuhan akan informasi yang menjabarkan tips, contoh, katalog tentang tanaman hias semakin mudah dan banyak dicari oleh konsumen. Berbagai media telah menjadi alat yang cukup membantu untuk mendapatkan informasi tentang tanaman hias.

Sebagai contoh bermunculannya majalah-majalah, atau rubrik yang mengulas khusus tentang tanaman hias. Di dunia internet pun banyak situs atau blog yang konsentrasi dalam menyediakan informasi tentang ini. Karena itu berbagai tips dalam memilih dan merawat tanaman hias dapat dengan mudah kita peroleh.

Bisnis Tanaman Hias

Banyak ragam dan tingginya ketertarikan konsumen terhadap tanaman hias ini menjadi pasar bisnis tersendiri bagi beberapa kalangan. Trend akan tanaman yang berkembang sangat berpengaruh dalam bisnis ini dan menjadi salah satu kelemahan.

Jenis tanaman hias yang pernah atau masih popular dan banyak digemari di kalangan masyarakat Indonesia adalah Bonsai, Anggrek, Adenium, Tillandsia, Anthurium, dan masih banyak lagi.

Sayangnya para pencinta dan pemerhati tanaman masih dicampuri dengan mitos-mitos yang berkembang. Ini menjadi salah satu alasan dan kelebihan tersendiri sehingga mereka yang menjalankan usaha dibidang ini harus bisa mengikuti trend dan bahkan mitos itu sendiri. Untuk mendapatkan bunga atau tanaman incarannya, para pencari rela mengeluarkan uang lebih banyak.

Tidak hanya itu, berkembang dengan pesatnya bisnis perumahan atau real estate menjadikan lahan pekerjaan bagi ruang lingkup dunia pertamanan. Yang secara otomatis akan sangat berpengaruh pada bisnis tanaman hias. Termasuk jasa pembangunan dan perawatan tanaman hias dalam sebuah taman.

 

Tanaman Hias, Dari Hobi Hingga Bisnis

About the Author: Lentera Sehat

Pemerhati kesehatan yang suka berbagi artikel kesehatan berdasarkan sumber referensi yang dapat dipercaya.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *