Penyebab Utama Laptop/Komputer Menjadi Lambat

Penyebab Utama Laptop/Komputer Menjadi Lambat atau Lelet. Di era serba teknologi sekarang ini laptop merupakan suatu kebutuhan yang mendasar dalam kita bekerja, karena dengan bantuan laptop kita dapat mengerjakan pekerjaan-pekerjaan kantor dengan cepat. Akan tetapi, tidak sedikit orang yang mengeluh akibat laptopnya yang sudah tidak normal lagi atau kinerjanya menurun. Tentunya itu semua membuat kita merasa jengkel, apalagi jika kita sedang ada kerjaan deadline.

Penyebab Laptop/Komputer Lambat

Sebenarnya banyak sekali faktor yang menyebabkan laptop menjadi lelet, salah satunya yakni usia laptop yang sudah tua sehingga spesifikasi yang ada didalamnya pun sudah tertinggal. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan jawaban terhadap pertanyaan anda yakni Penyebab Laptop / Komputer Menjadi Lambat atau Lelet. Baca Juga : Alight Motion Mod Apk

1. Space yang terlalu penuh

Ruang maupun Apace yang terlalu penuh pada laptop maupun komputer ini dapat menyebabkan kinerja menjadi lambat, karena Space ini merupakan komponen yang sangat penting. Pada saat ruang / space pada disk kosong, maka disk akan bekerja dengan maksimal.

Akan tetapi sebaliknya, ketika Disk itu penuh maka kinerjanya akan melambat. Dan akan menjadi tambah parahnya lagi jika kita menginstall aplikasi yang berukuran besar atau membukanya, maka solusinya hapuslah file-file yang dianggap kurang pentg pada disk tersebut.

2. Update sistem

Penyebab lain yang dapat membuat kinera laptop/komputer melambat yakni kerusakan pada sistem ketika sedang di update, hal tersebut dapat terjadi akibat instalasi patch yang gagal ataupun ruang pada hard drive terlalu penuh dan tidak mampu menyimpan update-an terbaru OS tersebut.

3. Fragmentasi

Fragmentasi juga merupakan penyebab laptop / komputer menjadi lambat, malahan hal ini adalah penyebab utama laptop menjadi lelet. Dan biasanya komponen yang diserang adalah disk, jika sudah terserang maka kinerja disk ini akan melambat 10 kali lipat dari biasanya.

4. Internet cache

Akibat akses internet yang terlalu sering dan kita malas untuk menghapus semua histori dari situs yang sudah kita kunjungi, maka histori tersebut akan tersimpan di hard drive dan biasanya disebut dengan cache. Sehingga akan membuat space pada hard drive menjadi penuh dan pastinya membuat kinerjanya lelet, maka dari itu usahakan untuk selalu menghapus setiap histori dari situs yang telah kita kunjungi.

5. Program start up

Sedikit orang yang tahu Program star up juga ternyata dapat menyebabkan laptop / komputer kita menjadi lambat, program ini biasanya muncul pada kanan bawah laptop dan biasanya program tersebut sifatnya penting. Akan tetapi, jika terlalu banyak maka sering terjadi bentrok antar program sehingga memperlambat waktu booting. Dan aplikasi yang akan kita buka prosesnya menjadi lambat.

6. Virus

Visrus atau malware memang dapat membuat sistem entah pada laptop, komputer maupun smartphone juga menjadi rusak, jika virus tersebut ganas dan tidak bisa kita atasi dengan antivirus maka pastinya kinerja dari laptop akan menjadi lambat.

Sudah tau kan sekarang beberapa penyebab yang mengakibatkan kinerja laptop/komputer lambat atau lelet, demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Terima kasih dan semoga bermanfaat,

Sumber : https://www.pdamtirtasukapura.co.id/

 

Penyebab Utama Laptop/Komputer Menjadi Lambat atau Lelet

About the Author: Lentera Sehat

Cuma berbagi artikel yang sehat dan layak dibaca dari berbagai sumber referensi yang dapat dipercaya.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.